Diagnosis Troubel Code P0113, Gejala Dan Cara Mengatasi IAT Sensor Rusak

Diagnosis Troubel Code P0113, Gejala Dan Cara Mengatasi IAT Sensor Rusak,- Kerusakan Air temperature sensor dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu terjadi backfire pada intake manifold atau ujung Sensor Iat yang tertutup oleh lapisan karbon sehingga sensor kurang responsif terhadap perubahan temperatur udara sekitar. 
DTC PO113 Pada Mobil Injeksi
Selain itu Kemampuan air temperature sensor juga dapat menurun akibat panas dan usia pemakaian yang sudah lama sehingga respon sensor ini melambat atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Masalah pada sensor iat juga dapat disebabkan oleh koneksi socket sensor yang tidak baik. Korosi dan koneksi yang kendor pada konektor dapat mempengaruhi sinyal ouput menuju ECU yang dihasilkan sensor, seperti halnya juga kerusakan kabel antara sensor dan ECU.

Gejala IAT Sensor Rusak

Jika pembacaan air temperature sensor tidak akurat, ECU akan menganggap temperatur udara lebih panas atau lebih dingin dari kondisi aktualnya sehingga dapat menyebabkan salah dalam menentukan campuran bahan bakar dan udara, campuran bahan bakar mungkin akan terlalu kurus atau terlalu kaya dan menimbulkan beberapa gejala gangguan seperti idle yang tidak bagus saat dingin, akslerasi yang tersendat pada saat dingin dan putaran idle mendadak menjadi tinggi saat mesin panas.

Pembacaan air temperature sensor yang menunjukkan nilai lebih panas dari kondisi aktualnya biasanya akan membuat campuran bahan bakar lebih kurus. Hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya detonasi.

Sedangkan Kerusakan iat sensor yang menyebabkan sensor selalu memberikan laporan temperatur selalu dingin dari normalnya akan membuat campuran selalu dalam kondisi kaya. Hal ini akan membuat boros bahan bakar dan meningkatkan emisi kendaraan.

Kerusakan air temperature sensor dapat atau tidak dapat memunculkan kode DTC dan menyalakan lampu cek engine. Jika sirkuit sensor terbuka atau mengalai short circuit biasanya akan memunculkan kode DTC. Namun jika pembacaannya hanya terlalu rendah atau tinggi dan karena respon yang melambat karena kontaminasi dan usia pakai biasanya tidak akan sampai menimbulkan kode DTC.

Grafik hubungan antara temperature, resistansi dan tegangan pada IAT Sensor

Cara Memeriksa IAT Sensor Yang Rusak

Cara yang paling cepat untuk memeriksa air temperature sensor adalah dengan menggunakan scantool dan membandingkan pembacaan air temperature sensor dengan coolant temperature sensor saat mesin mulai panas. Air temperature sensor yang bagus akan menunjukkan nilai beberapa derajat lebih dingin dari coolant temperature sensor.

Tahanan air temperature sensor juga dapat diperiksa dengan menggunakan ohm meter. Kemudian Lepaskan socket sensor dan kemudian hubungkan dua terminal ohm meter pada dua pin terminal sensor untuk mengukur tahanan dari sensor tersebut. 

Ukur tahanan sensor saat dingin dan kemudian hembuskan udara panas pada ujung sensor dengan menggunakan hot air gun dan ukur kembali tahanan sensor. Perhatikan perubahan nilai tahanan sensor saat sensor mulai panas. Jika tidak terjadi perubahan nilai tahanan saat sensor sudah panas dapat dikatakan sensor sudah rusak dan perlu diganti.

Pembacaan nilai tahanan sensor harus berangsur-angsur menurun jika sensor yang digunakan jenis NTC (Negative thermal coefisient) dan sebaliknya menjadi naik jika menggunakan sensor PTC (Positive thermal coefisient). Jika pembacaan nilai tahanan tiba-tiba terbuka atau short (nilai tahanan sangat kecil atau tidak ada tahanan) maka sensor telah rusak.

Baca juga: Gejala Dan Cara Memeriksa TPS Sensor Rusak

Air temperature sensor tidak memungkinkan dilakukan penyetelan. Namun masih memungkinkan untuk mengembalikan fungsi sensor tersebut kembali normal dengan melakukan pembersihan pada sensor yang terkontaminasi kotoran.

Cara Mengatasi IAT Sensor Yang Rusak

Kotoran yang melekat pada ujung sensor iat ini dapat dibersihkan dengan menyemprotkan electronic cleaner . Untuk air temperature sensor yang menjadi satu dengan MAF sensor, kawat elemen sensornya dapat dibersihkan dengan aerosol electronic cleaner.

Jangan menggunakan pembersih yang lain karena dapat merusak rumah sensor yang terbuat dari plastik dan menyisakan bahan kimia yang akan menimbulkan gangguan nantinya, akan tetapi jika dengan hal ini sensor sudah tidak dapat bekerja dengan akurat atau sudah rusak maka mau tidak mau wajib hukumnya untuk diganti.

Demikian ulasan kami tentang Diagnosis Troubel Code P0113, Gejala Dan Cara Mengatasi IAT Sensor Rusak, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel terbaik kami berikut. 
Previous
Next Post »