/*

Gejala dan Cara Memeriksa TPS Sensor Rusak, Mengatasi Mesin Tersendat-Sendat

Gejala dan Cara Memeriksa TPS Sensor Rusak, Mengatasi Mesin Tersendat-Sendat,- TPS Sensor berfungsi untuk mendeteksi atau membaca posisi pedal gas dan mengirimkannya ke ECU (Electronic Control Unit). ECU kemudian menggunakan informasi tersebut untuk  menentukan rasio campuran udara dan bahan bakar dengan jalan mengatur lama tidaknya injektor menginjeksikan bahan bakar, Jika TPS sensor rusak, maka tentunya akan membuat mesin tidak bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Memeriksa TPS Sensor


Gejala Akibat TPS Sensor Rusak

Berikut gejala yang yang timbul akibat sensor posisi throttle yang rusak atau tidak berfungsi:

A. Ada delay pada akselerasi kendaraan
Hal ini dapat kita kenali pada saat kita menekan pedal gas, dimana seharusnya mobil kalian langsung dapat berakselerasi secara responsif, tetapi waktu antara setelah pedal gas di tekan dan akselerasi laju kendaraan anda tidak berjalan dengan spontan.

B. Terjadi Peningkatan RPM Mesin Dengan Sendirinya
Jika pada saat kalian mengendarai kendaraan kalian dan secara tiba-tiba terjadi peningkatan RPM mesin dengan sendirinya, merupakan salah satu ciri dari kerusakan sensor TPS.

C. Perpindahan Roda Gigi Transmisi Sulit
Jika sensor TPS sudah tidak bekerja dengan baik sehingga tidak bisa memberikan informasi posisi bukaan katup accelerator yang ada pada throttle body secara akurat kepada ECU, akan berdampak pada terganggunya sistem transmisi, khususnya jika kendaraan anda menggunakan transmisi otomatis, dimana perpindahan gear pada saat peningkatan maupun penurunan kecepatan tidak bekerja sebagai mana mestinya.

D.  Starter Sulit atau Waktu Starter Lama (Setelah mesin dimatikan)

E. Muncul Salah Satu DTC Berikut ini:
  • P0121 : TP Sensor Circuit High Voltage (TP Sensor Circuit Tegangan Tinggi)
  • P0122 : TP Sensor Circuit Low Voltage (TP Sensor Circuit Tegangan Rendah)
  • P1121 : TP Sensor Signal Lower Than Expected (TP Sensor Sinyal Lebih Rendah dari yang diharapkan)
  • P1122 : TP Sensor Signal Higher Than Expected (TP Sensor Sinyal Lebih Tinggi dari yang diharapkan)
Terminal TPS Sensor

Cara Memeriksa TPS Sensor  Yang Rusak

A. Periksa hambatan TPS Sensor
Dengan Menggunakan Ohm Meter ukur hambatan TPS Sensor pada terminal VTA dengan Terminal E2 atau Ground Sensor (Hambatan harus semakin bertambah besar ketika katup gas membuka semakin lebar begitu juga sebaliknya).

B. Periksa tegangan sinyal TPS sensor
Dengan multimeter, hubungkan knop posistif multimeter dengan kabel sensor pada terminal VTA dan knop negatif multitesterke terminal E2 atau ground(Tegangan harus semakin bertambah besar ketika katup gas membuka semakin lebar begitu juga sebaliknya).

Pembacaan Tegangan Sinyal TPS Sensor:
  1. Throttle Tertutup : 0.6 sd 0.7 Volt (0-10%)
  2. Throttle Terbuka Penuh : 3.40 sd 3.50 Volt (90-100%)
  3. Throttle digerakkan secara lembut; kenaikan tegangan sinyal atau sudut bukaan throttle valve terlihat linier dari 0.6 sd 3.50 Volt (10-100%).
Catatan:
Lakukan Pemeriksaan TPS Sensor hanya pada saat kunci kontak ON dan mesin dalam kondisi mati.


Demikian ulasan kami tentang Gejala dan Cara Memeriksa TPS Sensor Rusak, Mengatasi Mesin Tersendat-Sendat, Semoga dapat menambah wawasan kita, Jangan lupa kunjungi jiga artikel pilihan kami berikut. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel