Cara Memeriksa CMP Sensor, Gejala Akibat CMP Sensor Rusak

Cara Memeriksa CMP Sensor, Gejala Akibat CMP Sensor Rusak,-  CMP sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi camshaft atau mendeteksi posisi noken as pada mesin mobil, yang digunakan untuk memberikan informasi ke ECU tentang posisi silinder 1 sedang berada pada posisi TOP Kompresi, dan pada mobil yang sudah menggunakan teknologi VVTI, pembacaan dari CMP sensor ini juga akan mempengaruhi kerja dari sistem VVTI.

Letak atau Posisi CMP sensor ini pada mesin mobil juga beragam dan bervariasi peletakannya,  ada yang diletakkan pada bagian belakang camshaft dengan posisi tegak lurus berhadapan terhadap camshaft atau pun dengan posisi menyamping, ada juga yang diletakan pada puly depan yang terhubung dengan camshaft.

Kerusakan pada CMP sensor atau masalah pada sensor ini biasanya direkam oleh ECU dan akan menyalakan lampu check engine atau lampu MIL dan selanjutnya ECU akan menyimpan kerusakan sensor cmp tersebut sebagai data trouble code yang bisa dibaca dengan alat scantool. 

Gejala Akibat CMP Sensor Rusak

Jika CMP sensor rusak atau bermasalah biasanya dapat menyebabkan beberapa gejala berikut:
  • Mesin mobil sulit hidup.
  • Mesin tidak bisa hidup atau mesin bisa hidup tetapi beberapa injektor tidak bekerja.
  • Mesin mati mendadak
  • Beberapa Injektor tidak menginjeksikan bahan bakar. 
  • Mesin hidup akan tetapi pincang.
  • Muncul DTC P0340 (atau sejenisnya), P0010, P0015
  • Pada saat idle RPM mesin Naik 1200 RPM sampai 1500 RPM. 
Sensor cmp bermasalah belum tentu bahwa sensor cmp rusak, mungkin kabel sensor putus,soket sensor longgar, mungkin juga urutan kabel sensor cmp salah tempat akibat soket rusak dan kabel ditancapkan satu-satu atau pun sensor cmp terbalik antara sensor cmp pada camshaft Intake dengan sensor CMP pada Camshaft Exhaust (pada mesin dengan teknologi dual VVT-i).


Cara Memeriksa CMP Sensor

Memeriksa CMP sensor dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan cara mengukur tahanan atau hambatan sensor tersebut, jika hambatan berkisar antara 950 Ohm sampai dengan 1.25 Kohm berarti sensor dalam kondisi baik, berarti kerusakan bukan pada sensor CMP tersebut melainkan jalur sensornya. Silahkan ukur pada jalur sensor tegangan reverensi yang diberikan ECU ke sensor tersebut kira-kira berkisar 5 Volt. Jika kurang sesuia bisa dipastikan kabel sensor tersebut dalam kondisi rusak. 



Demikian ulasan kami tentang cara memeriksa CMP sensor dan Gejala akibat Sensor CMP rusak, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami berikut.
Previous
Next Post »