Pengertian Elektrolit Baterai, PENTING Gak??

Pengertian Elektrolit Baterai, PENTING Gak??, Elektrolit baterai dalam baterai tipe basah merupakan senyawa yang tersusun dari campuran senyawa asam sulfat (SO4) dengan senyawa air (H2O).

Campuran Asam sulfat dan senyawa air ini dicampur dengan besaran komposisi campurannya sekitar 65% air suling dan 35% asam sulfat yang akan menghasilkan berat jenis elektrolit baterai sebesar 1,260 pada suhu 20 derajat celcius, sedangkan apabila komposisi campurannya adalah 63% air suling dan 37% asam suflat maka akan menghasilkan berat jenis elektrolit baterai sebesar 1,280 pada pada suhu 20 derajat Celcius.
Air Zuur Vs Air Accu

Pengertian Berat Jenis

Pengertian Berat jenis itu sendiri merupakan perbandingan kerapatan suatu zat dengan air. Berat jenis air nilainya adalah sebesar 1,0, sehingga apabila suatu zat berat jenisnya kurang dari 1 maka kerapatannya kurang dari kerapatan air begitu juga sebaliknya.
Berat Jenis
Larutan Elektrolit yang digunakan untuk mengisi baterai tipe basah memiliki nilai asam yang sangat kuat sehingga dapat menyebabkan kulit terbakar (terasa panas) apabila cairan elektrolit tersebut mengenai kulit. Oleh sebab itu apabila cairan elektrolit tersebut terkena kulit atau pakaian maka segera siram dengan air untuk menghindari bahaya tersebut.

Cara Pengisian Elektrolit Baterai

Pada pengisian baterai (aki) tipe basah baru yang belum sama sekali diisi, maka lakukan pengisian baterai menggunakan elektrolit atau accu zuur atau air zuur (bukan air aki) sampai batas upper level (batas atas) dan apabila jumlah air baterai berkurang dibawah batas bawah (lower level) karena penggunaan maka lakukan pengisian ulang dengan menggunakan air suling (atau air aki) sampai batas atas.
Pengisian Elektrolit Baterai
Pada sebuah baterai biasanya terdapat 6 buah sel dengan masing-masing sel dibatasi dengan sebuah separator sehingga elektrolit baterai antara setiap sel tidak dapat bercampur.

Oleh karena hal tersebut maka lakukanlah penambahan air suling pada setiap sel apabila jumlah elektrolit baterai kurang dari batas lower level (batas LOW). Lakukan penambahan dengan melepas keenam tutup baterai lalu tuangkan air suling ke masing-masing lubang sel baterai baterai tersebut.
Jangan sekali-kali melakukan penambahan elektrolit baterai dengan menggunakan air Zuur karena hal ini disinyalir akan menaikkan kadar asam sulfatnya yang berdampak pada baterai akan semakin cepat rusak.

Demikian ulasan dari kami tentang tentang pengertian elektrolit baterai pada baterai tipe basah,semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga ulasan menarik kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel