/*

3 Cara menghidupkan mobil yang akinya soak, Mudah Dan Praktis!!

Tips menghidupkan mobil yang akinya soak, Ini Sangat Penting Bagi Yang Sering Bepergian,- Pasti sobat otomotif sekalian sangat merasa cemas dan jengkel pada saat sedang terburu – buru akan pergi atau sedang berada di tempat parkir ketika istirahat melepas penatnya kemacetan dijalan raya tiba – tiba mobil sobat tidak dapat distarter karena aki mobil yang soak, dan hal itu terjadi tanpa ada gejala yang dapat dirasakan sebelumnya oleh sobat semua.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan aki mobil sobat otomotif dapat menjadi soak tanpa disadari. Mungkin saja pada saat sobat otomotif meninggalkan mobil lupa untuk mematikan sistem kelistrikan body dan assesoris pada mobil seperti lampu depan, radio atau bisa jadi pintu tidak tertutup dengan rapat sehingga lampu kabin akan terus menyala.

Jika hal tersebut diatas berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama maka hal tersebut dapat menyebabkan aki mobil sobat otomotif menjadi soak, dan mobil tidak akan dapat digunakan untuk memutar motor starter oada saat kita putar kunci kontak pada posisi start karena aki lemah.

Aki mobil yang soak dapat juga terjadi karena adanya trouble berupa sistem pengisian mobil yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga pada saat mobil dihidupkan dan berjalan tegangan listrik yang tersimpan di aki akan habis terpakai tanpa diisi oleh alternator sistem pengisian karena sistem pengisian tidak berfungsi dengan baik.

Padahal pada saat mobil sobat otomotif sudah hidup seharusnya seluruh kebutuhan listrik harus dapat ditanggung oleh alternator pengisian dan aki mobil saat itu selalu dijaga dalam kondisi penuh oleh alternator, sehingga aki mobil sobat otomotif akan selalu siap saat dibutuhkan untuk melakukan starter.

Oleh karena itu hindarilah kebiasaan yg kurang sesuai diatas dan hindari memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan pada mobil dan melebihi kemampuan alternator mensuplai tenaga listrik saat mobil sudah hidup.

Penyebab lain yang dapat menyebabkan aki mobil menjadi soak secara mendadak yaitu perawatan yang tidak benar pada aki mobil seperti tidak pernah mengecek dan menambah air aki sehingga membuat sel – sel aki menjadi kering.
Kondisi terminal aki mobil yang kotor atau berjamur juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter, oleh karena itu lakukanlah pemeriksaan aki dengan baik dan benar.

Kalau kebetulan posisi mobil mogok karena aki soak tersebut dekat dengan toko sparepart yang menjual aki mungkin tidak terlalu masalah, akan tetapi jika sebaliknya, hal tersebut pasti sangat mengganggu.

Cara Menghidupkan Mobil Yang Soak Akinya

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan mobil dengan aki yang soak selain dengan mengganti aki. Yaitu:
  • Dijumper dengan meminta bantuan menggunakan mobil donor dan kabel jumper
  • Dijumper dengan menggunakan bantuan alat charger aki
  • Dengan meminta bantuan beberapa orang untuk mendorong (hal ini khusus untuk kendaraan dengan transmisi Manual).
Oke langsung saja mari kita bahas ketiga cara tersebut diatas satu persatu.

A. Dijumper Dengan Menggunakan Mobil Lain


Cara menghidupkan aki mobil yang soak
Gb. Bantuan starter menggunakan mobil lain
Mobil yang akinya soak dapat kita atasi dengan cara mencoba dihidupkan dengan bantuan mobil lain yang akinya tidak soak dengan bantuan kabel jumper atau istilahnya dipancing dengan menggunakan kabel jumper.
Cara menghidupkan mobil yang akinya soak
Gb. Kabel jumper
Oleh karena itu sangat disarankan kepada sobat otomotif untuk selalu memastikan bahwasannya kabel jumper ini selalu tersedia di dalam mobil, lebih-lebih pada mobil sobat otomotif yang dilengkapi dengan  tranmisi otomatis. Karena perlu diketahui sobat otomotif bahwasannya mobil yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara didorong.

Point penting yang harus sobat perhatikan yaitu mobil donor yang akan digunakan untuk membantu menghidupkan mobil yang akinya soak harus mempunyai kapasitas aki yang lebih besar atau minimal sama dengan mobil yang akinya soak tadi.

Cara menghidupakn mobil yang akinya soak dengan bantuan mobil lain

Berikut langkah-langkahnya:
  • Hidupkan terlebih dahulu mobil donor yang akan kita gunakan tersebut.
  • Hubungkan kabel jumper yang berwarnah merah ke terminal positif aki mobil donor dan mobil yang akinya soak.
  • Hubungkan kabel jumper yang berwarna hitam ke terminal negatif aki mobil donor dan mobil yang akinya soak. Pada saat melakukan langkah satu dan dua lakukan dengan Hati – hati, jangan sampai kedua kepala jumper bersentuhan karena hal ini dapat menimbulkan hubungan singkat dan aki menjadi rusak.
  • Setelah itu mintalah seseorang untuk menghidupkan mobil donor dan menginjak pedal gas mobil yang dijadikan donor tersebut serta tahan Rpm mobil tersebut diatas angka 2000 Rpm.
  • Setelah itu sobat otomotif hidupkan mesin mobil yang akinya soak tadi dengan memutar kunci kontak mobil yang mogok untuk melakukan starting sampai mobil tersebut dapat hidup, jika mobil yang akinya soak sudah hidup selanjutnya injak pedal gasnya untuk menaikkan rpm sampai 2000 Rpm.
  • Setelah itu lepaskan kabel jumper dari kedua mobil tersebut dengan melepas kabeljumper warna hitam terlebih dahulu. Biarkan mobil yang akinya soak tadi hidup beberapa saat ( Kurang lebih 10 – 15 menit ) agar alternator melakukan pengisian aki.
  • Matikan mobil yang digunakan untuk donor.
  • Setelah itu coba matikan mobil tersebut dan kemudian hidupkan lagi, jika mobil sudah dapat dihidupkan dengan normal berarti aki sudah terisi kembali dengan penuh. Akan tetapi jika setelah mobil yang akinya soak tadi dimatikan, mobil kembali tidak kuat starter berarti ada kemungkinan aki sudah benar – benar soak dan sudah tidak bisa menyimpan tenaga listrik, segeralah ganti aki tersebut di toko sparepart atau bengkel langganan jika hal tersebut terjadi.

B. Dengan Dijumper Menggunakan Bantuan Alat  Charger Aki


Cara menghidupkan mobil yang akinya soak
Gb. Jump Starter
Alat charger aki ini dapat digunakan jika lokasi mobil yang akinya soak terdapat sumber listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan alat charger aki tersebut.

Cara menghidupkan mobil yang akinya soak dengan alat charger aki

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, pasang kabel warna merah ke terminal positif aki, mobil yang akinya soak dan pasang kabel warna hitam ke terminal negatif aki mobil yang akinya soak juga, jika pada alat charger aki tersebut terdapat pilihan angka 12 V atau 24 V maka pilihlah yang sesuai dengan aki mobil. Selanjutnya pilih opsi jump start pada tombol charger aki.
Gb. Bantuan starter dengan alat charger aki atau jump starter
Kemudian colokkanlah stekker alat charger aki tersebut ke sumber listrik dan kemudian tekan tombol ON pada alat charger aki tersebut dan dilanjutkan dengan hidupkan mobil yang akinya soak tadi dengan memutar kunci kontak posisi start sampai mobil hidup (ingat jangan kelamaan posisi start karena dapat menimbulkan kabel charger aki terbakar atau sekring charger aki putus).

Tahan putaran mesin sekitar 2000 Rpm dan biarkan mesin hidup beberapa saat agar aki terisi kembali dengan penuh, baru kemudian matikan alat charger aki dengan menekan tombol OFF dan kemudian lepas kabel alat charger aki pada terminal aki mobil yang soak tadi.

C. Dengan Cara Di Dorong Orang

Jika ternyata kita tidak mempunyai alat – alat tersebut pada point A dan B diatas, mungkin  solusi terakhir ini yang dapat kita lakukan, yaitu menghidupkan mobil dengan cara didorong, akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan untuk mobil – mobil yang menggunakan transmisi manual tidak bisa diterapkan untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis.
Tips menghidupkan mobil yang akinya soak
Gb. Menghidupkan mobil yang akinya soak dengan didorong
Mobil yangvdilengkapi dengan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara di dorong, mobil ini hanya dapat dihidupkan dengan cara mengganti akinya atau di jumper dengan menggunakan bantuan mobil donor atau alat charger.

Cara Menghidupkan mobil yang akinya soak dengan cara didorong

Adapun langkah menghidupkan mobil dengan cara didorong adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama sebelum menghidupkan mobil yang akinya soak yaitu pastikan perkiraan jarak laju mobil cukup panjang sampai mobil bisa hidup.
  • Cari beberapa orang untuk membantu mendorong mobil soabt otomotif sekalian
  • Kemudian Putar kunci kontak pada posisi ON
  • Injak dan tahan pedal kopling dan kemudian masukkan gigi transmisi pada posisi gigi 2 atau 3.
  • Mintalah bantuan orang yang sudah siap tadi untuk mendorong mobil dengan kecepatan yang cukup. Saat mobil sudah mulai bergerak dan meluncur dengan kecepatan yang cukup lepaskan pedal kopling sambil imbangi dengan menginjak pedal gas sehingga mesin mobil hidup.
  • Hati – hati pada saat mobil sobat sudah hidup jaga jangan sampai mati lagi,serta tahan pedal gas pada putaran 2000 Rpm agar berlangsung proses pengisian baterai oleh alternator sampai terisi kembali dengan penuh.
Untuk lebih mudahnya silahkan kunjungi video detailnya berikut ini.

Demikian ulasan kami tentang Tips menghidupkan mobil yang akinya soak, Ini Sangat Penting Bagi Yang Sering Bepergian!!. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel