/*

Penyebab Busi Basah Pada Motor Yamaha F1ZR, Ini Solusinya!!

Penyebab busi basah pada motor yamaha F1ZR, Ini solusinya!!,- Yamaha F1ZR yang pertama kali dikenalkan ke pubik pada tahun 1997-an merupakan pengembangan atau facelift dari sepeda motor pendahulunya yang dikenal dengan nama Yamaha Force 1 dan Yamaha F1 Z. Motor Yamaha F1ZR ini memiliki komponen mesin motor yang paling dikenal adalah kopling yang masih semi otomatis atau sering diberi julukan sebagai motor dengan “kopling banci”. Motor Yamaha yang cukup populer karena kecepatannya ini juga dikenal dengan nama Fiz R.
Penyebab busi basah pada motor F1ZR
Gb. Oprek Yamaha F1ZR
Hingga saat ini, Yamaha F1ZR masih banyak di cari dalam bentuk bekasnya dan biasanya dibutuhkan karena kemampuan mesin 2 tak yang lebih kuat dan berpower tinggi. Mengingat aturan pemerintah mengenai standar emisi sangat ketat sekal yang ada menjadikan penggunaan motor Yamaha F1ZR hanya banyak digunakan di daerah daerah dan kota kota kecil yang tidak terlalu ketat menerapkan aturan standar emisi gas buangnya.

Salah satu jenis permasalahan teknis pada komponen mesin motor yang dapat terjadi pada Yamaha F1ZR adalah busi basah. Kondisi busi yang basah tersebut dapat menyebabkan motor menjadi susah untuk dinyalakan. Berikut ini beberapa penyebab busi basah pada motor F1ZR.
Solusi busi basah motor fizr
Gb. Sepeda Motor Yamaha F1ZR

Penyebab busi basah motor F1ZR

Dalam ulasan kali ini kami akan membahas penyebab busi basah pada motor F1ZR yang akan membuat sepeda motor brebet, oke langsung saja simak ulasan kami berikut ini:
Penyebab busi pada sepeda motor F1ZR basah adalah sebagai berikut:

1. Busi sudah tidak berfungsi

Solusi busi basah oli
Gb. Percikan bunga api busi
Yang dimaksud dari kondisi busi motor Yamaha F1ZR basah merupakan keadaan dimana busi tidak dapat memetikan api. Penyebab busi basah pada motor F1ZR yang pertama adalah karena busi motor tersebut sudah dalam kondisi mati sehingga tidak dapat berfungsi lagi. Busi motor merupakan salah satu sparepart sepeda motor yang sering rusak sehingga perlu pengantian secara berkala. Kondisi busi motor yang sudah tidak mengeluarkan percikan api tidak akan dapat menghidupkan sepeda motor baik di starter secara manual maupun elektrik.

2. Elektroda busi basah terkena oli

Tips atasi busi basah motor fizr
Gb. Kondisi elektroda busi
Penyebab lainnya yang dapat menjadikan busi basah sehingga tidak dapat memercikan api yang berguna untuk proses pembakaran adalah karena adanya oli dalam ruang bakar. Adanya oli pada ruang pembakaran dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti kebocoran oli dan jumlah oli yang sangat berlebih. Kondisi oli yang mengenai elektroda ini lebih mudah terjadi pada motor Yamaha F1ZR yang menggunakan sistem mesin 2 tak. Hal ini dikarenakan pada sistem mesin 2 tak dikenal dua oli yakni oli mesin dan oli samping. Oli samping itulah yang biasanya dapat merembes dan membasahi bagian elektroda pada busi.

Selain kedua penyebab utama tersebut, ada beberapa penyebab lain yang dapat menjadikan busi motor Yamaha F1ZR basah. Beberapa penyebab tersebut diantaranya seperti adanya air yang masuk ke dalam rumah busi akibat kebocoran pada seal mesin ataupun terbawa oleh intake udara yang masuk ke dalam mesin, faktor kualitas busi yang memang buruk sehingga sangat mudah mengalami kerusakan, serta faktor kualitas bahan bakar yang dimasukkan ke dalam mesin terutama jika bahan bakar tersebut tidak di dapatkan dari SPBU resmi.

Itulah beberapa hal berkaitan dengan motor Yamaha F1ZR dan salah satu penyebab permasalahan yang sering terjadi pada motor tersebut yakni kondisi busi basah. Sebagai motor tua, Yamaha F1ZR memiliki proses perawatan yang lebih mendetail dan tak boleh diabaikan karena sangat rentan sekali mengalami berbagai macam masalah teknis.

Demikian ulasan kami tentang Penyebab busi basah pada motor yamaha F1ZR, Ini solusinya!!, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel