Ternyata Ini!! Cara Mudah Memajukan Saat Pengapian Mobil

Ternyata Ini!! Cara Mudah Memajukan Saat Pengapian Mobil,- Waktu pengapian/ saat pengapian (atau lebih familiar dengan istilah Ignition Timing) merupakan waktu atau saat dimana busi pada sistem pengapian mulai memercikkan bunga api sampai terjadi proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara secara penuh (selesai)di dalam ruang bakar mesin. Saat pengapian yang tidak tepat atai tidak pas sesuai putaran dan kondisi mesin, maka akan menimbulkan beberapa masalah, baik itu waktu atau saat pengapian yang terlalu maju ataupun saat pengapian yang terlalu mundur

Misalnya pada saat putaran idle, pada umumnya saat pengapian pada putaran ini berada di antara 5 -8 derajat sebelum TMA. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan usaha yang efektif dan torsi yang dihasilkan mesin maksimal serta konsumsi bahan bakar lebih efesien.

Saat pengapian yang terlalu maju dapat berisiko tinggi, terutama apabila tekanan maksimumnya terjadi sebelum TMA (Titik Mati Atas). Saat pengapian yang terlalu maju menyebabkan detonasi/knocking yang berujung pada kerusakan komponen mesin seperti torak, connecting rod, bantalan poros engkol dll. Itu kalau sampai tingkat parah dan fatal, bila terlalu maju sedikit tentu saja akan menyebabkan mesin bergetar, daya motor tidak optimal.

Sama halnya ketika saat pengapian terlalu mundur, maka tekanan maksimum tidak akan terjadi di beberapa derajat setelah TMA yang berakibat tidak didapatkan usaha yang efektif. Hal ini dikarenakan ketika Saat pengapian yang terlalu mundur, akan membuat langkah usaha kurang maksimal, mesin tidak ada power atau tenaga, dan pastinya konsumsi bahan bakar boros.

Oleh sebab itu diperlukan penyetelan waktu atau saat pengapian agar saat pengapian dapat sesuai dengan kondisi dan putaran mesin. Berikut ini cara memajukan dan memundurkan saat pengapian mobil.

Cara Memeriksa Saat Pengapian

A. Cara Pemeriksaan saat pengapian
  • Pertama-tama periksa posisi oktan selektor, posisi oktan selektor harus tepat pada standar. Stel posisi oktan selektor seperti pada gambar dibawah ini.
Cara memeriksa saat pengapian
Gb. Posisi oktan selector pada unit distribitor
  • Lepaskan selang vacum yang menuju ke vacum diafragma pada unit distributor sistem pengapian, kemudian sumbatlah ujung dari selang vakum tersebut.
  • Nyalakan mesin, biarkan mesin berputar idle.
  • Pasangkan timing light dengan benar. Pada gambar ditunjukkan bahwa kabel 1 timing light dipasangkan ke kabel busi no. 1 (sebagai pendeteksi signal tegangan perhatikan tanda panah menghadap busi), sedangkan kabel 2 dan 3 ke sumber tegangan, yaitu kabel 2 ke positif baterai (bisa juga ke positif koil) dan kabel 3 ke negatif baterai (bisa juga ke massa body mesin).
Cara memajukan saat pengapian
Gb. posisi pemasangan timing light
  • Arahkan timing light ke arah puli poros engkol.
  • Periksa saat pengapian (untuk kendaraan toyota kijang seri 5k saat pengapiannya adalah 5 derajat  sampai dengan 8 derajat sebelum TMA), jika kurang tepat maka langkah selanjutnya saat pengapian harus distel sampai diperoleh hasil yang sesuai.
Cara memundurkan saat pengapian
Gb. Tanda waktu pengapian pada pully poros engkol
  • Hubungkan kembali selang vakum ke vakum diafragma di distributor.
  • Matikan mesin.

Cara Menyetel Saat Pengapian Mobil

B. Cara menyetel saat pengapian mobil
1. Penyetelan saat pengapian pada saat mesin hidup
  • Lakukan pemeriksaan saat pengapian seperti langkah diatas, Bila saat pengapian tidak tepat maka setel saat pengapian dengan cara kendorkan terlebih dahulu baut pengikat distributor, setelah itu putar distributor sambil mengarahkan timing light ke arah puli poros engkol, putar sampai saat pengapian tepat. (putar distributor searah putaran rotor untuk memundurkan saat pengapian dan putar body distributor berlawanan arah putaran rotor untuk memajukan saat pengapian).
  • Setelah pengapian sudah tepat, kencangkan kembali baut pengikat distributor.
  • Pasangkan kembali komponen-komponen yang telah dilepas seperti pada keadaan semula.

2. Penyetelan saat pengapian pada saat mesin mati
  • Putar puli poros engkol, dan tempatkan tanda cowakan pada pully poros engkol pada posisi saat pengapian 5 derajat sampai dengan 8 derajat  pada saat posisi Top 1 akhir langkah kompresi.
  • Buka tutup distributor, dan kemudian lepaskan rotor.
  • Kendorkan baut pengikat distributor.
  • Jika sudah terlihat percikkan bunga api pada platina, putar kunci kontak ke posisi Off kemudian kencangkan kembali baut pengikat distributor.
  • Pasang kembali rotor dan tutup distributor dengan benar.
  • Periksa kembali saat pengapian menggunakan timing light dengan cara yang sama seperti langkah pemeriksaan saat pengapian diatas.
  • Jika tidak sesuai maka stel saat pengapian dengan memutar distributor. Untuk memajukan saat pengapian, putar distributor berlawanan dengan arah rotor, misalnya rotor berputar searah jarum jam maka untuk memajukan saat pengapian adalah dengan cara memutar distributor berlawanan arah jarum jam. Dan juga sebaliknya jika ingin memundurkan saat pengapian.
Misalkan sebuah mobil dengan standar saat pengapian sebesar 5 derajat sebelum TMA  (Titik Mati Atas). Jika pada saat pemeriksaan didapat saat pengapian sebesar 10 derajat Sebelum TMA maka saat pengapian tersebut terlalu maju, dan perlu dimundurkan dengan cara memutar body distributor sistem pengapian searah putaran rotor. Berbeda jika didapat 1 derajat sebelum TMA,  maka itu terlalu mundur sehingga harus dimajukan dan disetel dengan cara memutar body distributor berlawanan arah putaran rotornya.

Demikian ulasan kami tentang cara mudah memajukan saat pengapian mobil. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel