Gejala Akibat Katup Solenoid Pada Karburator Rusak disertai Cara Memeriksanya

Gejala Akibat Katup Solenoid Pada Karburator Rusak disertai Cara Memeriksanya,- Katup solenoid merupakan komponen penting dalam karburator yang berfungsi untuk mencegah terjadinya dieseling atau keadaan dimana mesin tetap hidup walaupun kunci kontak sudah dimatikan.
Gejala Akibat Katup Solenoid Pada Karburator Rusak
Gb. letak Solenoid valve
Dieseling adalah kondisi dimana ketika kunci kontak telah dimatikan atau kuci kontak pada posisi off tetapi mesin masih berputar karena masih terjadi pembakaran walaupun busi tidak memercikkan bunga api.

Mesin masih bisa hidup ini biasanya disebabkan pada ruang bakar masih terdapat panas sehingga memungkinkan masih terjadi pembakaran pada ruang bakar walaupun busi sudah tidak memercikkan bungan api. Oleh karena itu, bukan hanya busi yang harus dimatikan tetapi suplay bahan bakar juga harus dihentikan. karena perlu diketahui bahwa unsur utama terjadinya proses pembakaran yaitu (adanya Udara, Adanya Bahan Bakar serta adanya Sumber panas),
Gejala Akibat Katup Solenoid Pada Karburator Rusak
Gb. cara Kerja Solenoid Valve

Cara kerja solenoid valve pada karburator

Ketika kunci kunci kontak Off maka katup solenoid akan menutup saluran 
bahan bakar, sehingga bahan bakar tidak dapat keluar melalui idle port. Mesin dapat mati dan tidak mengalami dieseling.

Pada saat kunci kontak diputar pada posisi ON, maka arus listrik akan mengalir dari positif baterai menuju solenoid sehingga solenoid akan menjadi terjadi kemagnitan. Pada saat terjadi kemagnitan maka akan menarik katup sehingga saluran bahan bakar pada economiser jet akan terbuka dan bahan bakar akan mengalir dari slow jet ke economizer jet dan akhirnya keluar melalui idle port. 

Ketika komponen ini terdapat bermasalah makan akan berdampak pada kinerja mesin pada saat mesin pada putaran idle sampai putaran rendah, karena kompononen ini ikut berperan dalam mengatur campuran bahan bakar dan udara pada saat putaran mesin idle dan putaran rendah tersebut.

Gejala Akibat Solenoid Valve Rusak

Secara garis besar, Bila selenoid rusak, maka bisa menimbulkan akibat sebagai berikut :
  • Mesin tidak bisa langsam atau idle. Pada saat mesin hidup dan pedal gas dilepas, mesin langsung mati. Ini terjadi karena posisi jarum katup solenoid menutup jalur bahan bakar menuju idle port secara terus menerus. Sehingga bahan bakar hanya bisa mengalir bila pedal gas diinjak saja.
  • Gejala dieseling, yaitu saat kontak di OFF kan, mesin masih menyala beberapa saat, baru kemudian mati. Ini terjadi bila selenoid rusak pada posisi jarum membuka terus. Sehingga saat mesin di OFF kan, masih ada aliran bahan bakar ke ruang bakar.

Cara Memeriksa Solenoid Valve

Untuk memeriksa apakah katup solenoid masuk baik atau sudah rusak dapat dilakukan dengan cara melepasnya, kemudian menghubungkannya ke baterai. Berikut adalah panduan memeriksa katup solenoid sesuai dengan prosedurenya.
Gejala Akibat Katup Solenoid Pada Karburator Rusak
Gb. Pemeriksaan Solenoid Valve
  • Siapkan baterai 12 Volt Dc atau baterai Mobil sahabat dan pastikan terlebih dahulu tegangan minimal tidak kurang dari 10 Volt.
  • Hubungkan kabel positif solenoid dengan terminal positif baterai, dan body solenoid dihubungkan dengan massa.
  • Katup solenoid yang normal maka katup harus tertarik masuk atau bunyi klik.
  • Jika katup tidak bergerak sama sekali atau tidak terdengar bunyi klik, hal ini berarti katup solenoid telah rusak dan perlu diganti. 
  • Jika ternyata ditemui terdengar suara klik pada katup solenoid ini maka kemungkinan kerusakannya pada jalur kabel putus atau saluran bahan bakar menuju katup selonoid tersumbat atau bermasalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel