Cara melakukan idle learning Mobil Honda, Tanpa Scanner Dapat Di Lakukan Sendiri

Perlu sahabat otomotif ketahui bahwa throttle body pada sebuah mesin mobil seiring usia pakainya maka akan menjadi kotor akibat adanya pembentukan lapisan karbon pada permukaan throttle body tersebut.
Cara learning mobil honda

Lapisan karbon ini dapat terbentuk pada saat mesin dimatikan. Selain itu karbon ini juga dapat disebabkan oleh uap oli mesin pada saat mesin panas serta uap bensin yang kemudian mengalir menuju throttle body yang memiliki kondisi suhu lebih dingin.

Sahabat otomotif, pada sistem injeksi bensin dengan sistem electronic throttle body tidak memiliki saluran idle air bypass valve, dan juga tidak menggunakan cable/ sling untuk membuka throttle valve.

Sistem ini yang sangat familiar dengan istilah TBW ( Throttle by wire), yaitu sebuah sistem pada makanisme pedal gas mobil dimana pergerakan pada pedal gas akan dirubah menjadi sinyal input tegangan sesuai dengan sudut penekanan pedal gas yang kita lakukan yang kemudian sinyal output tegangan ini akan dikirim menuju ECU/ ECM sebagai tegangan input yang akan digunakan memerintahkan electronic throttle body terbuka atau tertutup sesuai dengan sudut injakan pada pedal gas.

Throttle plate shaft pada throttle body dihubungkan dengan sebuah motor listrik kecil dan spring yang akan merespon perintah dari ECU untuk membuka dan menutup throttle valve sesui besar kecilnya tegangan input yang masuk ke dalam ECU. semakin besar tegangan input ke ECU maka throttle valve akan membuka semakin lebar dan begitu sebaliknya.

Pada saat mesin berputar stasioner atau idle, maka pedal gas posisi bebas sehingga tegangan input ke ECU Kecil, sehingga ECU akan memberikan perintah agar throttle terbuka sedikit, dengan fitur ini maka mesin tidak membutuhkan idle air bypass valve.

Sedangkan saat mesin dalam kondisi OFF, maka throttle valve akan tertutup penuh. Disinilah pembentukan lapisan karbon yang nantinya akan menjadi masalah pada kendaraan dengan sistem injeksi.

Pada saat ECU memerintahkan throttle valve untuk membuka melalui throttle valve motor, maka diharapkan udara masuk ke dalam mesin melalui ruang atau celah yang terbentuk antara throtle valve dan throttle bore pada throttle body. Namun jika terdapat lapisan karbon pada dinding bagian dalam throttle body (throttle bore) maka hal ini akan mengurangi volume ruang atau celah tersebut, sehingga akan berdampak pada aliran udara yang hendak masuk ke dalam ruang bakar akan berkurang dan campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih kurus dari seharusnya.

Dalam Hal ini ECU dapat mendeteksi kurangnya jumlah udara berdasarkan informasi yang diberikan oleh mass air flow sensor (MAF Sensor) serta sistem Close Loop pada oksigen sensor yang mendeteksi kondisi oksigen pada gas buang mesin dan selanjutnya ECU akan merespon terhadap kurangnya pasokan udara yang masuk dengan memeritahkan motor pada throttle valve untuk membuka lebih lebar lagi agar supply udara bertambah banyak.

Akan tetapi jika pembentukan lapisan karbon pada permukaan dalam throttle body sudah terlalu banyak, maka ECU tidak akan bisa lagi mengkompensasi pembukaan throttle valve yang lebih lebar lagi. hal ini akan berakibat pada putaran stasioner atau idle mesin menjadi lebih kasar, akselerasi tersendat atau bahkan mesin sring mati sendiri. Untuk itu agar tidak terjadi gangguan tersebut maka throttle valve dan throttle body harus dibersihkan dari lapisan karbon pada saat melakukan service berkala atau Tune-up.

Cara Membersihkan Throttle Body Mesin Injeksi

Pada sistem injeksi yang masih menggunakan sistem throttle dengan sling/kabel, pembersihan throttle valve ini dapat dilakukan dengan cara menggerakkan throttle valve melalui tuas gas menggunakan tangan dan kemudian menyemprotnya dengan semprotan cleaner (injektor cleaner/carb cleaner). yang selanjutnya throttle  body dan throttel valve dikeringkan dengan menggunakan kain lap jika tanpa melepasnya dari mesin. 
Cara idle air volume learning

Perlu sahabat otomotif ketahui bahwa cara ini sangat tidak dianjurkan untuk diterapkan mesin mobil dengan sistem injeksi yang mengaplikasikan teknologi electronic throttle body, karena jika hal ini dilakukan maka kemungkinan cairan inejektor cleaner yang kita semprotkan tadi dapat mengalir dari throttle valve shaft dan masuk menuju motor housing atau circuit board pada motor throttle valve yang mana hal ini akan menyebabkan kerusakan komponen elektronik throttle body itu sendiri.

Sahabat otomotif jika hendak membersihakn throttel valve maka sahabat harus melepaskan throttle body sebelum dibersihkan. ketika throttle body sudah dilepaskan dari mesin, letakkan throttle body diatas meja kerja yang sebelumnya telah diberi alas kain lap serta sahabat harus posisikan komponen elektroniknya menghadap keatas. Bersihkan throttel valve dan throttel body dengan cara menyemprotkan injektor cleaner pada kain lap yang bersih dan kemudian bersihkan throttle valve dan throttle body dengan kain lap tersebut.

Setelah dikira bersih, maka pasanglah kembali throttle body dengan gasket yang baru dan kencangkan sesuai spesifikasi. tidak sampai sini saja, Setelah throttel body dibersihkan dan terpasang kembali dengan baik, maka ECU perlu dilakukan proses yang disebut "learning".

Proses learning ini akan sangat mudah jika dikalukan dengan menggunakan engine scanner, meskipun sebenarnya dapat juga dilalukan dengan tanpa engine scanner. untuk cara learning tanpa engine scanner setiap kendaraan berbeda-beda, sebagai contoh cara learning pada mobil Nissan Sahabat dapat Kunjungi artikel lain kami ini: Cara Idle Air Volume Learning Nissan

Pada ulasan kali ini kami akan mencoba berbagi kepada sahabat sekalian tentang cara idle learning pada mobil Honda.

Cara Idle Air Learning Mobil Honda

Berikut ini prosedur melakukan idle learning secara manual tanpa scanner:
  • Putar kunci kontak Pada posisi ON dan mesin kondisi mati selama 2 detik. Jangan hidupkan mesin
  • Hidupkan mesin dan naikkan putaran mesin dengan menginjak pedal gas sampai pada 3000 Rpm sampai terdengar bunyi kipas radiator menyala.
  • Lepas pedal gas dan biarkan mesin hidup dalam posisi stasioner atau idle selama 5 menit tanpa beban (lampu mati,AC Mati,Radio Mati).
  • Setelah 5 menit matikan mesin mobil.
  • Hidupkan kembali mesin dan perhatikan putaran idlenya (Jika masih kasar ulangi langkah ini dari langkah pertama).
Demikian ulasan kami tentang Cara melakukan idle learning Mobil Honda, Tanpa Scanner Dapat Di Lakukan Sendiri, Semoga dapat menambah wawadan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami lainnya berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel