Fungsi dan Cara Kerja Kecepatan Tinggi pada kaburator, Sistem Utama Pada Karburator Mobil

Perlu sahabat ketahui bahwasannya pada sebuah mobil yang masih mengaplikasikan sistem bahan bakar konvensional (Karburator), komponen yang berfungsi untuk mensuplai dan sekaligus mencampur bahan bakar dengan udara dalam bentuk gas atau kabut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mesin adalah karburator. Pada karburator terdapat beberapa sistem yang berguna untuk menunjang kinerjanya, salah satu sistem pada karburator yaitu sistem kecepatan tinggi.

cara kerja sistem kecepatan tinggi pada karburator

Sistem kecepatan tinggi karburator mobil dibagi menjadi dua macam yaitu sistem kecepatan tinggi primer (primary high speed system) dan sistem kecepatan tinggi sekunder (secondary high speed system). pada ulasan kali ini kami akan membahas fungsi dan cara kerja sistem kecepatan tinggi primer (Primary High Speed System) pada sebuah karburator mobil.

Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Pada Karburator

Primary High Speed System (Sistem Utama) pada karburator memiliki fungsi untuk menyupplai campuran bahan bakar dan udara pada saat mesin berjalan pada putaran menengah sampai tinggi serta beban rendah.

Sistem ini dimaksud untuk membentuk perbandingan campuran udara dan bahan bakar dengan campuran ekonomis (berkisar antara 16-18 : 1). Bila mesin bekerja pada beban yang berat atau pada saat akselerasi maka pada sistem karburator dilengkapi dengan sistem tambahan yaitu sistem kecepatan sekunder, sistem tenaga (power system) dan sistem akselerasi sehingga supply bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Air bleeder baik Primary main air bleeder maupun Secondary main air bleeder berfungsi untuk mengatomisasi bahan bakar agar mudah bercampur sempurna dengan udara, sebelum dikeluarkan melalui main nozzel. Bila tekanan udara pada bagian ujung main nozzel turun, maka udara dari primary main air bleeder akan masuk dan akan mencampur bahan bakar dari primary main jet, sehingga bahan bakar tersebut menjadi bergelembung-gelembung. Campuran tersebut kemudian disemprotkan melalui main nozzel dan selanjutnya dicampur lagi dengan udara yang masuk dari air horn.

Adapun cara kerja sistem kecepatan tinggi primer (Sistem Utama/Primary High Speed System) dapat sahabat simak pada penjelasan berikut ini:

Pada saat throttle valve primary dibuka maka kecepatan udara yang mengalir pada venturi bertambah, sehingga hal ini akan menyebabkan perbedaan tekanan pada ujung nozzel dan ruang pelampung dimana tekanan pada ujung nozzel lebih rendah dari pada tekanan udara pada ruang pelampung. Alhasil bahan bakar dalam ruang pelampung akan mengalir melalui primary main jet dan sebelum keluar melalui main nozzel ( primary main nozzle) terlebih dahulu dicampur udara dari main air bleeder. Setelah keluar dari nozzel campuran tadi kemudian diatomisasikan oleh udara dari air horn dan akhirnya masuk ke dalam cylinder (ruang bakar).

Bila jumlah bahan bakar yang disalurkan oleh nozzel utama pada high speed system bertambah seiring meningkatnya kevacuman (tekanan udara menurun dan kecepatan udara meningkat) pada venturi, maka jumlah bensin yang di-supply oleh low speed system yang keluar melalui idle port dan slow port berkurang.

Untuk lebih jelasnya sahabat otomotif dapat perhatikan diagram alir berikut ini:

cara kerja kecepatan tinggi pada karburator

Pada Skema diagram Aliran bahan bakar dan udara diatas, maka dapat kita simpulkan bahwasannya pada saat sistem kecepatan primer bekerja maka bahan bakar dari dalam ruang pelampung (Float chamber) akan mengalir melalui primary Main Jet (Spuyer Primer) yang kemudian akan bercampur dengan udara dari Primary Main Air Bleeder dan akhirnya keluar melalui Primary main Nozzle (Nozzle Utama) dan bercampur kembali dengan udara dari air horn yang mengalir melalui venturi primer (Primary Small Ventury) dan menuju Intake Manifold yang selanjutnya menuju ruang bakar (combustion chamber) pada saat langkah isap.

Untuk lebih mudah memahi cara kerja karburator pada saat ini sahabat dapat kunjungi ini: Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Pada Karburator-Ternyata Sangat Simpel Seperti ini. 

Demikian ulasan kami tentang Fungsi dan Cara Kerja Kecepatan Tinggi pada kaburator, Sistem Utama Pada Karburator Mobil, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik lain kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel