/*

Prinsip Kerja Karburator - Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Sekunder Beserta Fungsinya Dengan Tipe Dumper Valve

Prinsip Kerja Karburator - Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Sekunder,- Perlu sahabat ketahui bahwasannya pada sebuah mobil yang masih mengaplikasikan sistem bahan bakar konvensional (Karburator), komponen yang berfungsi untuk mensuplai dan sekaligus mencampur bahan bakar dengan udara dalam bentuk gas atau kabut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mesin adalah karburator. Pada karburator terdapat beberapa sistem yang berguna untuk menunjang kinerjanya, salah satu sistem pada karburator yaitu sistem kecepatan tinggi.

Cara kerja sistem kecepatan tinggi sekunder

Sistem kecepatan tinggi karburator mobil dibagi menjadi dua macam yaitu sistem kecepatan tinggi primer (primary high speed system) dan sistem kecepatan tinggi sekunder (secondary high speed system). pada ulasan kali ini kami akan membahas fungsi dan cara kerja sistem kecepatan tinggi sekunder (Secondary High Speed System) pada sebuah karburator mobil dan akan lebih fokus pada pembahasan sistem kecepatan tinggi sekunder tipe damper valve.

Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Sekunder

Sistem Kecepatan tinggi sekunder atau sering disebut sebagai Secondary High Speed System memiliki fungsi untuk menyupplai campuran bahan bakar pada saat mesin kendaraan bermotor berjalan pada kecepatan tinggi dan beban berat.

Perlu sahabat otomotif sekalian ketahui bahwasannya primary high speed system bekerja pada saat mesin bekerja pada beban ringan dan jumlah udara yang masuk sedikit. Tetapi bila supply campuran udara dan bahan bakar ke dalam cylinder (ruang bakar) oleh primary high speed system tidak cukup pada beban yang berat atau pada kecepatan tinggi maka secondary high speed system pada saat ini mulai bekerja untuk menambah supply campuran bahan bakar dan udara.

Mekanisme dari secondary high speed system ini bekerja bila mesin berputar pada kecepatan tinggi dan di bawah beban berat. adapun mekanismenya ada dua tipe, yaitu: tipe damper valve (bobot) dan tipe vacum diafragma.

Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Sekunder Dengan Tipe Damper Valve

Tipe mekanisme ini bekerja berdasarkan kevakuman pada intake manifold. Tipe ini sekarang sudah jarang digunakan. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

cara kerja sistem kecepatan tiggi sekunder

Sahabat otomotif pada saat sahabat menekan pedal gas maka akan menyebabkan primary throttle valve terbuka secara berlahan, dan pada saat posisi primary throttle valve membuka sekitar 55°, maka secondary throttle valve baru akan mulai membuka. Akibatnya tekanan di bawah high speed valve menjadi rendah, sehingga udara di atas high speed valve cenderung untuk membuka high speed valve. Akan tetapi karena pada high speed valve dilengkapi dengan bobot (damper valve), maka high speed valve pun belum dapat membuka.
cara kerja sistem kecepatan tinggi sekunder

Jika pada saat itu pedal gas tekan lebih dalam dan putaran mesin ditambah, maka tekanan di bawah high speed valve akan semakin rendah, sehingga perbedaan tekanan di atas dan bawah high speed valve akan semakin besar pula, Alhasil tekanan udara mampu melawan bobot (damper valve) dan terbukalah high speed valve. Setelah high speed valve terbuka, selain mengalir melalui primary small ventury, udara juga mengalir melalui secondary small ventury sehingga pada secondary main nozzle terjadi penurunan tekanan udara yang mengakibatkan bahan bakar dari ruang pelampung mengalir menuju secondary main jet dan keluar melalui Secondary main Nozzle dan bercampur dengan udara dari secondary main air bleeder  dan air horn.
 
Untuk Lebih Jelasnya sahabat dapat perhatikan skema diagram alir berikut ini:

cara kerja sistem kecepatan tinggi sekunder

Pada skema diagram Aliran bahan bakar dan udara diatas, maka dapat kita simpulkan bahwasannya pada saat sistem kecepatan tinggi sekunder bekerja maka bahan bakar dari dalam ruang pelampung (Float chamber) akan mengalir melalui secondary Main Jet (Spuyer sekunder) yang kemudian akan bercampur dengan udara dari Secondary Main Air Bleeder dan akhirnya keluar melalui Secondary main Nozzle (Nozzle Sekunder) dan bercampur kembali dengan udara dari air horn yang mengalir melalui venturi sekunder (Secondary Small Ventury) dan menuju Intake Manifold yang selanjutnya menuju ruang bakar (combustion chamber) pada saat langkah isap. Pada saat ini juga secara bersamaan campuran bahan bakar dan udara juga dissupply melalui primary main nozzel.

Jika sahabat Merasa kurang paham terkait  penjelaan ini, Sahabat dapat mengunjungi ulasan yang lebih mudah dipahami melalui : Cara Kerja Sistem Kecepatan Sekunder Pada Karburator Mobil dengan Tipe Dumper Valve Sangat Simple dan Mudah.

Demikian ulasan kami tentang Fungsi dan Cara Kerja Sistem Kecepatan Tinggi Sekunder, Kapan Sistem Ini Bekerja Pada Karburator Mobil ?, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel menarik lain kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel