Fungsi Dan Cara Kerja Knock Sensor Pada Sistem Injeksi

Fungsi Dan Cara Kerja Knock Sensor Pada Sistem Injeksi,- knock sensor merupakan salah satu sensor yang ada pada mesin injeksi EFI.
Gambar letak knock sensor

Fungsi Knock Sensor

Knock sensor atau knocking sensor pada kendaraan injeksi berfungsi untuk mendeteksi terjadinya knocking atau atau getaran atau ketukan pada mesin.

Knocking pada engine biasanya disebabkan karena pengapian yang terlalu maju. Knocking merupakan getaran yang berfrekuensi tinggi yang disebabkan oleh terjadinya ledakan atau pembakaran yang prematur di dalam ruang bakar silinder atau pembakaran yang bukan disebabkan oleh letupan bunga api busi. 

engine knocking pada kendaraan dapat mengakibatkan turunnya tenaga pada mesin sehingga kinerjanya menjadi kurang optimal serta dapat menyebabkan komponen-komponen di dalam mesin akan cepat aus atau rusak. Sehingga hal ini akan sangat merugikan pengendara. Oleh sebab itu, bila terjadi engine knocking maka perlu diatasi dan harus dihilangkan secepat mungkin.

Pada mesin injeksi dengan adanya knock sensor ini maka masalah knocking yang terjadi pada mesin dapat diminimalisir bahkan diatasi.
Gambar komponen utama pada knock sensor

Cara Kerja Knock Sensor

Ketika mesin mengalami ketukan atau knocking maka knock sensor akan mendeteksinya. Setelah itu knock sensor akan mengirimkan data tersebut ke ECU  sebagai inputan untuk diproses selanjutnya. 

Gambar sirkuit knock sensor
Untuk mendeteksi getaran atau knocking pada mesin maka knock sensor memakai komponen piezo electric. Komponen piezo electric ini akan mengirimkan signal output yang sebanding dengan getaran yang terjadi pada mesin.

Ketika ECU menerima data dari knock sensor maka ECU akan memerintahkan pengapian untuk dimundurkan beberapa derajat sampai tidak terjadi lagi knocking.

Setelah knocking hilang, maka knocking sensor akan mendeteksi bahwa tidak ada lagi getaran atau knocking pada mesin dan kemudian knocking sensor akan mengirimkan data signal ke ECU. Sehingga ECU akan memajukan kembali saat pengapian seperti semula jika tidak terjadi lagi knocking.

Baca juga: Fungsi Dan Cara Kerja Water Temperature Sensor

Demikian artikel tentang fungsi dan cara kerja knock sensor, semoga dapat menambah wawasan tentang dunia otomotif, jangan lupa kunjungi juga ulasan berikut ini. 
Previous
Next Post »