Cara Mengatasi Mesin Nglitik, Cara Mudah Memeriksa Knock Sensor

Cara Mengatasi Mesin Nglitik, Cara Mudah Memeriksa Knock Sensor,- Saat terjadi detonasi di dalam mesin akan terdengar suara ketukan halus pada dinding silinder yang berbunyi tik..tik..tik..sehingga sering disebut mesin ngelitik yang terdengar saat akselerasi awal atau saat tanjakan. Suara mesin ngelitik ini selain tidak enak didengar juga akan merusak komponen mesin jika dibiarkan berlangsung dalam waktu lama.

Seharusnya hanya ada satu titik awal pembakaran yang kemudian menyebar dari titik tersebut, namun terdapat beberapa titik-titik panas yang terbentuk secara bersamaan di dalam ruang bakar.

Akibatnya ledakan maksimal tidak terjadi pada waktunya dan menyebabkan munculnya bunyi knocking yaitu benturan antara piston dan dinding silinder dan lebih dikenal dengan istilah mesin ngelitik.

Gejala detonasi lebih dirasakan saat akselerasi dan saat mesin bekerja dengan beban berat, saat pedal gas diinjak dalam ketika mobil berjalan dengan gigi tinggi atau sedang menarik beban.

Detonasi terjadi karena angka oktan bahan bakar yang digunakan tidak mampu bertahan pada panas dan tekanan di ruang mesin yang meningkat saat mesin bekerja dengan beban berat, sehingga bahan bakar terbakar sendiri akibat panas dan tekanan yang berlebihan, bukan terbakar oleh percikan bunga api pada timing yang semestinya.

Sebenarnya detonasi dalam skala kecil dapat terjadi pada hampir semua mesin dan hal ini tidak berbahaya bagi mesin. Namun detonasi dengan intensitas yang tinggi dan terjadi dalam waktu lama sangat berbahaya bagi komponen-komponen mesin seperti piston dan ring piston.

Jika mesin dibiarkan mengalami detonasi atau knocking dalam waktu yang lama maka dapat menimbulkan kerusakan mesin yang parah, seperti : 
  • Piston dan ring piston rusak. 
  • Gasket Cylinder Head rusak. 
  • Busi meleleh 
  • Valve meleleh 
  • Crankshaft bearing rusak
  • Detonasi atau knocking juga mengakibatkan tenaga mesin meurun drastis, karena ledakan maksimal di dalam silinder terjadi saat piston sedang berada pada posisi yang tidak tepat untuk menghasilkan tenaga maksimal. Ledakan maksimal terjadi secara mendadak dan langsung turun secara drastis, tidak terjadi secara bertahap, sehingga dorongan piston pada langkah usaha tidak terlalu kuat dan mantap.

Baca juga: Cara Memeriksa ECT Sensor

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya detonasi atau knocking adalah denganmenggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih tinggi. Tingkat angka oktan bahan bensin diukur dari kemampuan bensin bertahan terhadap knocking. Atau bisa juga dicegah atau dengan gurah mesin, yang sekarang ini sudah banyak beredar dikalangan bengkel otomotif dengan harga yang lumayan terjangkau. 

Penyebab Mesin Nglitik

Mesin nglitik atau detonasi atau knocking dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  • Temperatur ruang bakar terlalu tinggi
  • Tekanan kompresi yang terlalu tinggi
  • Temperatur Udara Masuk Terlalu Panas
  • Penggunaan Busi Tidak Sesuai 
  • Mesin overheat. 
  • Timing pengapian terlalu maju 
  • Campuran bahan bakar terlalu kurus. 
  • Kerusakan Knock Sensor

Cara Memeriksa Knock Sensor

Mesin-mesin keluaran terbaru banyak yang menggunakan knock sensor yang akan merespon getaran pada mesin akibat knocking (frekuensi getaran akibat knocking biasanya sekitar 6-8 Khz).

Knock sensor menghasilkan sinyal tegangan yang dikirim ke ECU agar ECU memundurkan timing pengapian sampai knocking berhenti.

Kerja dari knock sensor dapat diperiksa dengan memukulkan batang besi pada manifold atau kepala silinder didekat sensor (jangan memukul sensor secara langsung) dan perhatikan timing pengapian menggunakan data display scantool akan berubah saat mesin idle.

Jika timing pengapian tidak berubah atau dimundurkan, kemungkinan knock sensor rusak atau dapat juga karena ada gangguan di sirkuit kontrol timing pengapian di dalam komputer itu sendiri.

Terkadang knock sensor akan merespon getaran yang bukan disebabkan oleh knocking seperti getaran dari mekanikal fuel pump, bearing alternator iming pengapian.

Baca juga: Gejala Akibat TPS Sensor Rusak

Demikian ulasan kami tentang cara mengatasi Mesin nglitik, Cara Memeriksa Knock Sensor, Semoga dapat menambah wawasan kita, Jangan lupa kunjungi juga ulasan terbaik kami berikut ini. 
Previous
Next Post »