/*

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati, Ternyata Ini Sumber Masalah Pada Busi Yang Mudah Di Temukan

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati,- Spark plug atau lebih dikenal dengan istilah busi pada sebuah kendaraan dengan mesin bensin ini mempunyai peranan yang sangat penting baik pada mesin mobil maupun mesin sepeda motor. Hal ini karena, pada mesin bensin busi berfungsi sebagai sumber panas yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar yang telah terkompresikan oleh piston di dalam silinder mesin. Dan tentunya ketika sebuah busi bermasalah atau mati makapada silinder mesin tersebut tidak terjadi pembakaran yang berakibat mesin pincang (pada mesin dengan multisilinder) atau bahkan mesin mati (pada mesin dengan single silinder).
penyebab busi motor cepat mati

Busi biasa bawaan pabrikan biasanya akan dapat bertahan hingga 30.000 hingga 60.000 km sedangkan busi iridium dan platinum dapat mencapai 80.000  hingga 200.000 km. Jika ternyata sebelum mencapai jarak tempuh di atas busi sudah mati maka hal ini tentunya perlu sahabat selidiki lebih lanjut, kemungkinan ada masalah yang cukup serius yang menjadi penyebab busi cepat mati pada mobil sahabat. Pada uasan kali ini kami akan mencoba mengulas beberapa penyebab busi mobil cepat mati yang dapat sahabat jadikan sebagai acuan ketika sahabat menjumpai masalah busi mobil cepat mati ini.

Penyebab Busi Cepat Mati

Sahabat otomotif berikut beberapa kemungkinan penyebab busi cepat mati baik yang terjadi pada mobil maupun sepeda motor:

A. Bahan Bakar Di Dalam Ruang Bakar Terlalu Banyak

Jumlah bahan bakar dalam hal ini bensin didalam ruang bakar yang terlalu banyak justru dapat memicu busi mobil sahabat cepat mati. Bahan bakar yang terlalu banyak didalam ruang bakar akan membuat elektroda busi basah yang mengakibatkan busi sulit memercikkan bunga api. Penyebab terlalu banyaknya bahan bakar di dalam ruang bakar ini biasanya disebabkan oleh stelan campuran bahan bakar yang tidak pas pada mesin karburator atau bisa juga karena ukuran spuyer karburator yang tidak sesuai sehingga menyebabkan supply campuran bahan bakar yang berlebih. atau bisa juga disebabkan oleh kondisi injektor yang kotor yang menyebabkan penginjeksian bahan bakar tidak sempurna pada mesin Injeksi (EFI).

Untuk memastikannya, sahabat dapat memeriksa kondisi elektroda busi. Jika bahan bakar didalam ruang bakar terlalu banyak maka biasanya elektroda busi terlihat selalu basah dan berwarna hitam pekat. Selain itu kondisi ini juga dapat disebabkankan oleh kondisi filter udara yang kotor. pastikan melakukkan tune-up secara berkala sesuai anjuran pabrikan mobil sahabat. 

B. Jenis Bahan Bakar Yang Di Gunakan Tidak Sesuai

Kemungkan lain yang dapat menjadi pemicu usia pakai busi mobil relatif lebih pendek dari seharusnya adalah karena pemakaaian jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Sebagai Contoh, pada mesin mobil sahabat disarankan pabrikan pembuatnya untuk menggunakan bahan bakar tanpa timbal (Unleaded) seperti pertalite, pertamax dan pertamax plus, akan tetapi sahabat malah menggunakan bahan bakar yang mengandung timbal seperti premium.

Hal tersebut diatas tentunya akan mempengaruhi kondisi ruang bakar mesin mobil sahabat cenderung lebih cepat kotor akibat kandungan timbal pada bahan bakar yang sahabat gunakan dan hal ini juga akan menjadi penyebab busi mobil sahabat cepat mati karena endapan timbal hasil pembakaran didalam ruang bakar. untuk mengetahui jenis bahan bakar yang sesuai, sahabat dapat lihat pada tutup tangki mobil sahabat, pada tutup tangki bensin bagian belakang biasanya tertera jenis bahan bakar yang dianjurkan, sehingga sahabat tidak salah pilih bahan bakar yang sesuai.

C. Terdapat Konsleting Pada Rangkain Sistem Pengapian

Sirkuit atau rangkaian sistem pengapian yang konslet dapat menjadi salah satu penyebab busi mobil cepat mati. Jika terjadi konslet  maka arus listrik yang seharusnya mengalir menuju busi untuk dirubah menjadi percikan bunga api, malah mengalir meuju body mesin kendaraan shabat. hal ini tentunya akan menyebabkan kinerja busi menjadi kurang optimal yang justru dapat menyebabkan busi cepat mati. Sehingga alangkah baiknya sahabat lakukan pemeriksaan pada sirkuit pada sistem pengapian untuk memastikan tidak terdapat konsleting sebelum sebelum memutuskan mengganti busi yang mati dengan busi baru.

D. Terjadinya Kebocoran Kompresi

Kemungkinan penyebab busi mobil cepat mati yang selanjutnya yaitu terjadinya kebocoran kompresi yang menimbulkan oli pelumas masuk ke dalam ruang bakar. Oli yang masuk ke dalam ruang bakar ini akan menyebabkan percikan bunga api yang di hasilkan busi kurang optimal. Gejala yang timbul ketika terjadi kebocoran kompresi mesin diantaranya yaitu tenaga mesin kurang, mesin pincang, pembakaran campuran bahan bakar dan udara kurang optimal, Asap kendaraan berwarna putih, dan busi berwarna hitam basah serta beroli. kebocoran kompresi dapat berasal dari kerusakan ring piston maupun dinding silinder itu sendiri ataupun dikarenankan seal klep yang sudah aus yang menyebabkan bahan oli pelumas masuk ke dalam ruang bakar mesin.

E. Penggunaan Tipe Busi Yang Tidak Sesuai

Busi atau spark plug yang digunakan pada kendaraan memiliki jenis dan tipe yang berbeda yang disesuaikan dengan karakter setiap mesin. terdapat beberapa jenis busi, yaitu busi standar dan busi racing. busi standar biasanya busi yang dianjurkan oleh pabrikan pembuat mesin mobil sahabat sedangkan busi racing merupakan busi yang digunakan keperluan peningkatan performa pengapian dan mesin yang sudah disesuaikan dengan karakter mesin yang sudah di ubah kondisinya oleh para tunner mesin. 

Busi juga dibedakan menjadi busi tipe dingin dan busi tipe panas. busi dingin merupakan sebuah busi yang memiliki kemampuan untuk menyerap dan melepas panas dengan cepat sekali. pada pengaplikasiannya busi dingin biasanya diaplikasikan pada mesin yang temperatur kerja didalam ruang bakarnya relatif tinggi (panas). Sedangkan busi panas adalah sebuah busi yang memiliki kemampuan menyerap dan melepas panas yang relatif lambat. Pada pengaplikasiannya busi panas biasanya diaplikasikan untuk mesin yang temperatur kerja ddalam ruang bakarnya relatif rendah (cukup dingin).

Pastikan sahabat menggunakan tipe busi yang sesuai dengan anjuran pabrikan mobil sahabat agar usia pakai busi lebih awet sebelum memutuskan untuk mengganti busi yang telah mati dengan busi yang baru.

Demikian ulasan kami tentang Penyebab Busi Mobil Cepat Mati, Ternyata Ini Sumber Masalah Pada Busi Yang Mudah Di Temukan, semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel