/*

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup, Ini Hal Penting yang Harus Kalian Ketahui

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup,- Perlu sahabat ketahui bahawa terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara mobil susah distarter dengan mobil susah dihidupkan. Baik pada sebuah mesin dengan mesin bensin maupun mesin diesel yang mengalami trouble kedua ini.

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Troubel berupa mesin mobil susah distarter mengandung arti bahwa motor starter pada sistem starter kendaraan tidak dapat bekerja dengan baik untuk melakukan cranking mesin untuk memutar poros enggkol sebagai teanag awal saat mobil hendak dihidupkan. Kondisi ini biasanya terjadi saat sahabat memutar kunci kontak ke posisi STAR, tapi mesin mobil sahabat tidak bereaksi atau dalam hal ini tidak terdapat tanda-tanda motor starter hidup dengan lancar atau bahkan tidak berputar sama sekali. Sedangkan pada trouble mesin susah dihidupkan mengandung arti bahwa motor starter bekerja dapat bekerja dengan baik ketika kunci kontak kita putar ke posisi START sehingga mesin bisa dicranking akan tetapi mesin tidak mau hidup.

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Perlu shabat ketahui bahwa pada mesin diesel dikenal 2 jenis sistem bahan bakar, yaitu sistem bahan bakar konvensional dan sistem bahan bakar common rail. Mesin diesel dengan teknologi common rail lebih modern karena kerja sistem sistem pada mesin ini dikontrol secara elektronik oleh ECU, khususnya terkait proses suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Masalah mobil tidak mau hidup ini lebih banyak kita jumpai pada mesin diesel dibandingkan pada mesin bensin, entah pada mesin diesel dengan teknologi Common Rail maupun mesin diesel konvensional.  Ada Beberapa kemungkinan penyebab mobil Diesel Tidak Mau Hidup, diantaranya yaitu:

A. Adanya Udara Pada Saluran Bahan Bakar 

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup yang patut sahabat curigai yaitu adanya udara yang terjebak pada saluran bahan bakar solar. Adanya udara yang terjebak pada saluran bahan bakar ini sering disebut dengan istilah"masuk angin". yang mana didalam saluran pipa bahan bakar solar terdapat udara palsu dalam jumlah yang cukup banyak yang mengisi saluran pipa bahan bakar yang seharusnya saluran pipa bahan bakar ini hanya diisi oleh bahan bakar solar saja agar mesin dapat dengan mudah dihidupkan.

Malasah adanya udara palsu pada saluran bahan bakar, biasanya diakibatkan oleh hal-hal berikut:
  • Setelah Melakukan penggantian filter solar dan dilakukan proses bleeding pada saluran sistem bahan bakarnya.
  • Katup pada priming pump sistem bahan bakar solar bermasalah Baik berupa adanya kotoran yang mengganjal kerja katup maupun katup yang bengkok.
  • Tangki Solar Kondisi Kosong atau Mobil Kehabisan Bahan bakar.
  • Kondisi seal Filter solar bocor atau kurang rapat.
  • Sambungan-sambungan saluran pipa bahan bakar kendor atau rembes.

B. Adanya Kondisi Priming Pump Yang Rusak

Sering kali kita jumpai bahwa masih banyak kondisi priming pump yang sudah rusak terkadang masih digunakan pada sistem bahan bakar diesel baik konvensional maupun common rail. Perlu sahabat ketahui bahwa sebuah primming pump pada sistem bahan bakar diesel memiliki fungsi untuk membantu kinerja supply pump untuk menghisap solar dari dalam tangki bahan bakar. Sehingga pada saat priming pump mobil sahabat rusak, maka tentunya hal ini akan mengakibatkan solar tidak mampu terhisap dengan baik dari tangki bahan bakar. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu masalah yang menyebabkan mobil diesel susah hidup atau bahkan tidak mau hidup.

C. Adanya Kondisi Filter Solar Yang Tersumbat atau Mampet

Perlu sahabat ketahui juga bahwa filter solar yang mampet/tersumbat karena kotoran juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Filter solar memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang ikut terbawa bersama solar dari dalam tangki. Seiring usia pakai komponen ini, maka lambat laun kotoran-kotoran yang disaring didalam filter solar ini akan semakin banyak dan tentunya akan menyebabkan filter solar menjadi mampet atau tersumbat.

Pada saat filter solar tersumbat, maka tentunya solar yang seharusnya dihisap oleh pompa bahan bakar akan menjadi terhambat atau kurang dari seharusnya sehingga injektor tidak mampu untuk menginjeksikan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. alhasil hal ini akan menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup atau susah hidup.

D. Adanya Kondisi Glow Plug Yang Bermasalah

Perlu sahabat ketahui bahwa penyebab mobil diesel tidak mau hidup juga dapat disebabkan oleh adanya masalah pada sistem Glow Plug (busi pemanas). Glow plug atau busi pemanas pada mesin diesel berfungsi untuk memanaskan suhu didalam ruang bakar mesin diesel saat kendaraan dihidupkan pertama kali ketika mesin masih dingin dengan maksud agar proses pembakaran campura bahan bakar dan udara didalam ruang bakar dapat terjadi lebih cepat dan lebih sempurna.

Suhu yang panas didalam ruang bakar pada mesin diesel akan membantu mempermudah dan mempercepat proses pembakaran sehingga mesin diesel menjadi lebih mudah dan cepat dihidupkan. Ketika glow plug bermasalah dan tidak dapat memanaskan ruang bakar pada mesin diesel, maka tentunya hal ini akan menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup atau susah untuk dihidupkan terutama saat kendaraan dihidupkan dipagi hari dan kondisi mesin masih dalam kondisi dingin.

E. Adanya Kondisi Tekanan Penginjeksian Bahan  Bakar Yang Terlalu Rendah

Selain tekanan kompresi mesin yang rendah, Tekanan penginjeksian bahan bakar yang juga rendah juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil diesel tidak mau dihidupkan. Tekanan penginjeksian bahan bakar pada mesin diesel sangat berpengaruh pada hasil pengabutan bahan bakar solar yang dilakukan oleh injektor atau nozzle didalam ruang bakar.

Hasil penginjeksian bahan bakar oleh injektor atau nozzle yang baik dapat diperoleh melalui tekanan bahan bakar yang cukup tinggi, Sebagai contoh pada sebuah mesin diesel konvensional dengan boshpump tekanan penginjeksian bahan bakar pada nozzle dapat berkisar 150 Kpa s/d 300 Kpa, sedangkan pada mesin diesel dengan teknologi common rail dengan supply pump tekanan penginjeksian bahan bakar pada injektornya  dapat mencapai hingga 35 Mpa.

Ketika tekanan bahan bakar terlalu rendah maka bahan bakar tidak berbentuk kabut dengan baik. sehingga Keabnormalan pengabutan bahan bakar oleh injektor atau nozzle ini akan mengakibatkan langkah pembakaran saat mesin diesel cranking awal akan menjadi tidak sempurna dan alhasil hal ini akan menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup atau susah hidup.

F. Adanya Kondisi Tekanan Kompresi Mesin Yang Terlalu Rendah

Perlu sahabat otomotif sekalian ketahui bahwa nilai besar kecilnya tekanan kompresi pada mesin diesel sangat mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar solar didalam ruang bakar, karena mesin diesel proses pembakarannya terjadi karena pembakaran sendiri (Self Ignition) tanpa percikan bunga api busi.

Sebagai contoh, Pada mesin bensin tekanan kompresinya hanya berkisar antara 9 s/d 12 psi, sedangkan pada mesin diesel tekanan kompresinya dapat mencapai 2 hingga 3 kali lipat lebih besar, yaitu sekitar 22 s/d 30 psi. sehingga dengan kompresi yang tinggi ini bahan bakar solar dapat terbakar dengan sendirinya ketika diinjeksikan oleh nozzle atau injektor karena temperatur didalam ruang bakar yang sangat tinggi (panas). Ketika tekanan kompresi pada ruang bakar mesin diesel terlalu rendah, maka hal ini tentunya dapat menyebabkan suhu didalam ruang bakar tidak mampu membakar bahan bakar solar yang telah diinjeksikan pada akhir langkah kompresi mesin diesel ini, alhasil mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan.

G. Adanya Kerusakan Pada Supply Pump

Supply pump secara garis besar memiliki fungsi utama untuk memompa solar dari filter ahan bakar ke dalam fuel rail (comon rail) dengan tekanan yang cukup tinggi (hingga 35 MPa) sehingga bahan bakar solal dapat diinjeksikan oleh injektor kedalam ruang bakar dalam bentuk kabut.

Ketika supply pump bermasalah biasanya dapat disebabkan oleh bagian-bagian supply pum ini bermasalah seperti Suction Control Valve atau SCV rusak, bocor, atau mampet yang mana hal ini akan menyebabkan mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan. atau juga karena setelah proses penggantian unit Supply pump baru (ketika unit supply pump telah diganti dengan yang baru maka harus dilakukan inisialisasi Supply Pump terhadap ECU). ketika tidak dilakukan Inisialisai ECU ini maka lampu indikator cek engine mobil sahabat akan menyala terus serta dapat menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan.​​​​​​

​​​​​​H. Adanya Masalah pada Fuel Rail atau Common Rail

Pada Fuel rail tedapat 2 komponen utama, yaitu fuel rail pressure limiter dan fuel rail pressure sensor. Ketika kedua komponen ini rusak atau bermasalah, maka akan menyebabkan lampu indikator cek engine mobil sahabat akan menyala terus serta dapat menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan.

I. Adanya Masalah Pada Injektor atau Nozzle

Injektor pada sebuah sistem common rail memiliki fungsi untuk mengubah solar bertekanan menjadi kabut sehingga bahan bakar mudah terbakar dan mesin diesel dapat bekerja dengan baik. Akan tetapi jika injektor ini dalam kondisi bermasalah, maka mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan. Berikut ini beberapa masalah yang mungkin terjadi pada injektor yang dapat menyebabkan mobil diesel tidak mau hidup atau susah dihidupkan:
  • Injektor tersumbat dan mampet.
  • Injektor belum diregistrasi ulang ke ECU setelah proses penggantian unit injektor baru.
  • Injektor baru belum mengalami learning ECU (proses pengenalan ECU kepada kondisi komponen baru) Setelah proses penggantian.

J. Adanya Masalah Pada Salah Satu Sensor Pada Sistem Common Rail

Mesin diesel dengan teknologi common rail dielngkapi dengan sensor-sensor yang digunakan untuk mendeteksi kondisi kerja mesin sebagai dasar penginjeksian bahan bakar yang dilakukan oleh injektor dan berbagai aktuator lainnya. Jika salah satu sensor berikut bermasalah akan menyebabkan mobil diesel tidak mau hidup atau sulit dihidupkan, diantaranya yaitu:
  • Adanya Kerusakan pada CKP sensor
  • Adanya Kerusakan pada CMP sensor
  • Adanya Kerusakan pada MAP sensor
Demikian ulasan kami tentang Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup, Ini Hal Penting yang Harus sahabat sekalian ketahui, Semoga dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa kunjungi juga artikel pilihan kami berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel