Fungsi Dan Cara Kerja Booster Rem Pada Sistem Rem Mobil, Pahami Agar Anda Bisa Memperbaikinya

17.55
Fungsi dan Cara Kerja Booster Rem, Sistem pengereman pada kendaraan bermotor sekarang ini sudah ada beberapa yang dilengkapi dengan komponen tambahan berupa booster rem.

Booster rem berfungsi untuk membantu memperingan pengemudi saat menginjak pedal rem. Dengan adanya booster rem pada sistem rem maka saat menginjak pedal rem tidak memerlukan banyak energi, berbeda dengan sistem rem tanpa booster rem, yang mana saat pengemudi menginjak pedal rem akan memerlukan energi yang lebih banyak, atau terkesan lebih berat.

Fungsi Dan Cara Kerja Booster Rem Pada Sistem Rem Mobil


Booster rem bekerja pada saat mesin hidup, ketika mesin mati booster rem tidak bekerja sehingga saat mesin mati gaya yang dibutuhkan untuk menginjak rem akan sama dengan kendaraan yang tidak menggunakan booster rem.

Secara garis besar Booster rem dikategorikan menjadi 2, yaitu Booster rem tipe Vacum dan Booster Rem tipe Hidrolis, Pada Booster rem tipe Hidrolis memanfaatkan tekanan hidrolik untuk membantu meringankan pengemudi saat menginjak pedal rem. Tekanan hidrolik ini didapatkan dari pompa, Sedangkan Booster rem vakum, untuk menambah gaya pengereman yang berguna untuk memperingan pengemudi saat menginjak pedal rem yaitu menggunakan kevakuman pada intake manifold.

Sehingga booster rem tipe Vacum akan bekerja ketika mesin hidup, sedangkan saat mesin mati booster rem tidak akan bekerja saat pedal rem diinjak karena saat mesin mati tidak ada kevakuman pada intake manifold.

Pada Booster rem tipe vakum, didalamnya terdapat dua buah ruangan yang dipisahkan oleh diafragma yaitu ruangan dengan tekanan konstan dan ruangan dengan tekanan variabel. Ruangan konstan selalu berhubungan dengan kevakuman sedangkan untuk ruangan variabel yaitu berhubungan dengan vakum dan udara luar (atmosfer).

Cara Kerja Booster Rem Pada Saat Pedal Rem Tidak Diinjak Dan Mesin Hidup

Fungsi Dan Cara Kerja Booster Rem Pada Sistem Rem Mobil

Pada Saat pedal rem tidak diinjak atau pada saat posisi bebas, vacum port internal (saluran vakum dalam) pada Booster rem terbuka sehingga kevakuman pada ruang tekanan konstan (vakum) yang berada dibelakang piston akan terhubung dengan ruang tekanan variabel yang berada didepan piston. Dengan demikian pada kedua ruangan tersebut yaitu ruangan tekanan konstan dan ruangan tekanan variabel akan sama-sama terjadi kevakuman (ruangan pada kedua sisi diafragma akan menjadi vakum).

Karena pada kedua ruangan tersebut tidak ada perbedaan tekanan maka pegas diafragma akan menekan piston ke arah dasar (kearah kanan kita) sehingga push rod yang berhubungan dengan master silinder tidak akan menekan master silinder. Dalam ini Rem pada kondisi bebas.

Cara Kerja Booster Rem Pada Saat Pedal Rem Diinjak Dan Mesin Hidup

Fungsi Dan Cara Kerja Booster Rem Pada Sistem Rem Mobil

Ketika Kita Menginjak pedal rem pada saat melakukan pengereman, pushrod pada sisi pedal rem akan bergerak maju (kekiri dari kita) sehingga piston akan menutup vacuum port internal dan akan membuka inlet air valve yang menyebabkan ruang tekanan konstan dan ruang tekanan variabel tidak berhubungan.

Pada ruang tekanan variabel akan berhubungan dengan udara luat karena inlet air valve terbuka, namun pada ruang tekanan konstan akan tetap menjadi vakum sehingga terjadi perbedaan tekanan antara kedua ruangan tersebut, maka diafragma akan tertarik kearah ruang vakum sehingga diafragma akan melawan tekanan pegas diafragma dan selanjutnya akan menekan push rod yang menuju ke master silinder.Dalam hal ini Rem kondisi Bekerja

Cara Kerja Booster Rem Pada Saat Mesin Mati

Ketika mesin mobil dimatikan,maka vacum check valve akan menutup saluran sehingga masih memungkinkan terdapat kevakuman di dalam booster rem, hal ini dengan tujuan ketika terjadi hal yang tidak diingkan yaitu mesin mati secara mendadak, kendaraan masih dapat menggunakan booster rem untuk membantu pengereman sebanyak 2 sampai 3 kali proses pengereman sehingga rem tidak blong.

Demikian ulasan kami tentang Fungsi dan Cara Kerja Booster Rem Pada Sistem Rem Kendaraan Bermotor, semoga menambah wawasan anda, kunjungi juga posting kami ini: Cara Kerja Rem Cakram Pada Mobil Yang Singkat Dan Mudah Dipahami.
Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...