Inilah Perbedaan Steering Column tipe Collapsible Dan Steering Column Tipe Non-Collapsibel Yang Harus Kalian Ketahui

11.17
Steering Column Tipe Collapsibel Dan Tipe Non-collapsible,- Steering Column  terdiri dari Main shaft  yang berfungsi Untuk Meneruskan Putaran Steering Wheel Ke steering Gear, dan Column Tube Untuk mengikatkan main shaft ke body serta Steering Lock yang berfungsi untuk mengunci main Shaft.

A. Steering Column tipe Collapsible 

Pada tipe ini, main shaft tidak berhubungan langsung dengan steering gear box. Sehingga jenis konstruksi ini sangatlah kurang kuat dan sangat kurang cocok untuk kendaraan niaga, sehingga biasanya digunakan untuk kendaraan penumpang. Tipe ini saat mobil terjadi tumbukan secara frontal maka secara otomatis steer akan langsung bereaksi agar tubuh pengemudi tidak langsung mengena roda kemudi. Sehingga keselamatan jiwa sang pengemudi dapat lebih terjamin.

Steering Column Tipe Collapsible terbagi menjadi 3 jenis diantaranya: Mesh type, Ball type, Solid silicone rubber sealed type.
  • Mesh type.



Pada tipe ini mempunyai struktur mata jaring dan main shaft-nya terdiri dari bagian atas dan bawah yang disambung dengan plastik pin dan column bracketnya terdapat kapsul. Sehingga apabila terjadi tumbukan yang keras, yang apabila gearbox steering mendapat tekanan yang kuat, maka plastik pin pada main shaft akan hancur sehingga main shaft bagian atas akan turun kebawah agar bersentuhan dengan main shaft bagian bawah. Alhasil benturan antara tubuh pengemudi dengan roda kemudi dapat dieliminir dengan baik.
  • Ball type



Pada tipe kali ini, column steeringnya terdiri dari bagian atas dan bawah yang disambung ball bearing. Serta main shaft bagian atas dan bawah yang sengaja dipisah akan disambungkan dengan plastik pin. Apabila terjadi benturan yang keras yang membuat steering gearsteering mendapat tekanan yang kuat maka plastik pin akan akan hancur dan membuat tenaga akibat  benturan akan diserap oleh bola bearing yang dipasang antara lower tube dan upper tube.
  • Solid silicone rubber sealed type



Main shaft tetap terdiri dari dua bagian atas dan bawah yang disambung dengan plastik pin. Pada bagian dalam bawah main shaft di isi dengan silicon rubber dan bracketnya dipasangkan caster wedge. Sehingga saat roda kemudi mendapat tumbukan frontal yang kuat, maka bracket akan segera runtuh dan main shaft akan segera menyusut. Dengan menurunnya main shaft maka silicone rubber akan keluar melalui lubang orifice main yoke dalam rupa tepung.

Adapun Keuntungan dan Kerugian Steering Column tipe Collapsible:

1. Keuntungan Steering Column tipe Collapsible 

  • Dapat menjaga keselamatan pengemudi terhadap benturan yang keras karena sistem kemudi akan langsung patah dan hancur saat terjadi tumbukan.

2. Kerugian Steering Column tipe Collapsible

  • Main shaft yang kontruksinya tidak begitu kuat, maka jenis steering ini hanya cocok pada kendaraan penumpang.
  • Konstruksinya yang rumit
  • Harganya menjadi mahal.
  • Apabila terjadi tumbukan yang membuat rusaknya main shaft, maka main shaft harus diganti dengan yang baru.

B.  Steering Column tipe Non – Collapsible


Pada tipe ini, main shaft berhubungan langsung dengan steering gear box. Sehingga jenis konstruksi ini sangatlah kuat dan sangat cocok untuk kendaraan niaga seperti truk hingga container. Tetapi dibalik kuatnya konstruksi tipe Non – Collapsible steering, sangatlah berbahaya karena apabila terjadi kecelakan secara frontal maka main shaft dapat langsung menghantam tubuh pengemudi. Untuk menghubungkan antara main shaft dengan steering gear pada jensi steering column tipe Non-Collapsible, ada beberapa cara, seperti:

  • One Piece (sambungan langsung)
  • Universal joint & Spline
  • Universal Joint
  • Flexible Joint

Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...