Jenis Komponen Elektronik Beserta Fungsinya Masing-Masing

08.30
Jenis Komponen Elektronik beserta Fungsinya Masing - Masing,– Peralatan Elektronik merupakan sebuah peralatan yang terbentuk dari rangkaian beberapa Jenis Komponen Elektronik yang mana masing-masing Komponen tersebut memiliki fungsi-fungsinya tersendiri di dalam sebuah Rangkaian Elektronik. Komponen-komponen dasar pembentuk sebuah peralatan Elektronik diantaranya adalah Resistor, Kapasitor, Transistor, Dioda, Induktor dan IC (Integrated Circuit).

Jenis-Jenis komponen elektronik Beserta Fungsinya Masing-Masing

# Resistor
Resistor atau disebut juga dengan Hambatan merupakan Komponen Elektronik Pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronik. Satuan Nilai Resistor atau Hambatan adalah Ohm (Ω). Nilai Resistor biasanya diwakili dengan Kode angka ataupun Gelang Warna yang terdapat di badan Resistor. Hambatan Resistor sering disebut juga dengan Resistansi atau Resistance.
Resistor
# Kapasitor (Capacitor)
Kapasitor atau Kondensator adalah Komponen Elektronik Pasif yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam waktu yang sementara (waktu yang singkat). Fungsi Kondensator diantaranya adalah dapat memilih gelombang radio pada rangkaian Tuner, sebagai perata arus pada rectifier dan juga sebagai Filter di dalam Rangkaian Power Supply (Catu Daya). Satuan nilai untuk sebuah Kapasitor adalah Farad yang biasa disimbolkan dengan huruf “F”.

Kapasitor



# Induktor (Inductor)
Induktor atau Coil (Kumparan) merupakan Komponen Elektronik Pasif yang memiliki fungsi untuk mengatur Frekuensi, Filter serta sebagai alat kopel (Penyambung). Induktor atau Coil banyak ditemukan pada Peralatan atau Rangkaian Elektronik yang berkaitan dengan Frekuensi seperti Tuner untuk pesawat Radio. Satuan Induktansi untuk Induktor adalah Henry yang disimbolkan dengan huruf “H”.

induktor



# Dioda (Diode)
Dioda merupakan Komponen Elektronik Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya atau sering disebut sebagai penyerarah arus listrik. Diode terdiri dari 2 Elektroda yaitu Anoda dan Katoda.
Dioda

# Transistor
Transistor adalah Komponen Elektronik Aktif yang memiliki fungsi diantaranya adalah sebagai Penguat arus, sebagai Switch (Pemutus dan penghubung), Sebagai Stabilitasi Tegangan, Sebagai Modulasi Sinyal, Sebagai Penyearah dan lain sebagainya. Transistor terdiri dari 3 Terminal (kaki) yaitu Base/Basis (B), Emitor (E) dan Collector/Kolektor (K).

Transistor



# IC (Integrated Circuit)
Merupakan Komponen Elektronik Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan Transistor, Resistor dan komponen lainnya yang diintegrasikan menjadi sebuah Rangkaian Elektronik dalam sebuah kemasan kecil. Fungsi IC juga beraneka ragam, mulai dari penguat, Switching, pengontrol hingga media penyimpanan. Pada umumnya, IC merupakan Komponen Elektronik yang digunakan sebagai Otak dalam sebuah Peralatan Elektronik. IC merupakan komponen Semi konduktor yang sangat sensitif terhadap ESD (Electro Static Discharge).
IC


Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...