Fungsi Dan Jenis Bearing Yang Banyak di Gunakan Pada Komponen Mobil

23.00
Fungsi dan Jenis Bearing, - Salam hangat dari admin sobat semua, terimaksih atas kesetiaanya untuk selalu menyempatkan waktunya guna mengikuti perkembangan update dari admin, kli ini admin akan sharing dengan sobat semua tentang Fungsi Dan Jenis Bearing Yang Banyak di Gunakan Pada Komponen Mobil, mungkin sobat sekalian sering bertanya-tanya dalam hati, apa sch fungsi Laher pada mobil kita? (laher red Bearing), oke admin akan mencoba mengupas tentang apa fungsi dan jenis bearing yang banyak digunakan pada komponen mobil.

A. Fungsi Bearing atau Bantalan

  • Untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara poros yang berputar dengan tumpuannya (bagian komponen yang diam yang menopang poros).
  • Untuk Menahan atau mendukung suatu poros untuk tetap pada dudukannya.

B. Jenis Bearing atau Bantalan

1. Anti Friction (anti gesekan) Bearing

Jenis anti friction bearing merupakan bearing yang bagian di dalamnya memiliki komponen yang dapat berputar dan pada bagian luar bearing memiliki bagian yang diam saat bagian dalam bearing berputar.

Fungsi Dan Jenis Bearing

2. Plain Bearing.

Bearing jenis plain bearing merupakan bearing di dalamya tidak memiliki komponen yang berputar, namun tetap memiliki fungsi yang sama dengan anti friction bearing, Plain bearing ini juga sering disebut dengan istilah bushing.
Fungsi Dan Jenis Bearing
Pada bearing jenis anti friction bearing gesekan yang ditimbulkan akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan plain bearing karena anti friction bearing memiliki komponen yang berputar di dalamnya.

Pada Jenis Plain Bearing dan Anti Friction Bearing yang sering digunakan pada komponen mobil terdiri dari beberapa jenis berikut ini :

Journal bearing atau juga dikenal dengan istilah metal jalan merupakan bearing yang biasa dipakai pada bagian crankshaft di mesin.
Fungsi Dan Jenis Bearing

Bushing merupakan sebuah bantalan yang digunakan sebagai tempat poros berputar. di dalam bushing terdapat lapisan oli yang berfungsi untuk membentuk lapisan oil film untuk mengurangi terjadinya gesekan ketika poros berputar.
Fungsi Dan Jenis Bearing
Ball bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan bola-bola baja di dalamnya. Bola-bola baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Fungsi Dan Jenis Bearing
Cylinder bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan silinder-silinder baja didalamnya. Silinder-silinder baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Fungsi Dan Jenis Bearing

Barrel bearing adalah bantalan gelinding yang menggunakan pipa-pipa baja di dalamnya. Pipa-pipa baja ini berfungsi sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan
komponen yang bergerak.
Fungsi Dan Jenis Bearing
Taper roller bearing merupakan bantalan gelinding yang berbentuk kerucut. Di dalam taper roller bearing menggunakan roller baja atau baja berbentuk silinder sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Fungsi Dan Jenis Bearing

Needle bearing merupakan bantalan gelinding yang menggunakan roller baja atau baja berbentuk silinder sebagai media gesekan antara komponen yang diam dengan komponen yang bergerak.
Fungsi Dan Jenis Bearing

Sekian dan terimakasih, silahkan kunjungi juga posting kami ini :Inilah 5 Tipe Rem Tromol Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui.
Previous
Next Post »

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km

Panduan Service Berkala Mobil 40.000 Km,- Sebagai pemilik mobil kita wajib  mengetahui cara atau prosedure merawat dan menjaga mobil kita. ...